Sunday, February 5, 2012

Menambahkan Bravia Engine plus xLoud ke G5


Buat yang belum tahu apa itu BRAVIA (Best Resolution Audio Visual Integrated Architecture) Engine, silahkan googling :) Atau bisa lihat previewnya di sini: Sony Ericson


Dengan menambahkan BRAVIA Engine ke G5, kualitas gambar yang dihasilkan di layar 16juta warna G5 akan semakin sempurna. BRAVIA akan menghasilkan gambar yang lebih kontras, warna lebih kaya, ketajaman yang bertambah saat kita melihat foto maupun file video.

Tidak Hanya itu Teknologi ini menjadikan layar tampak lebih tajam dan bening, serta gambar tetap bersih ketika kita berada di luar ruangan.Setidaknya itu hasil yang saya dapatkan. :)
Berikut langkah2 yang harus dilakukan untuk menambahkan BRAVIA Engine ke dalam G5:

Siapkan mental dan kesungguhan untuk mencoba :) Siapkan snack :D Untuk lebih aman dan jaga-jaga kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, backup app+data dengan Titanium Backup Download file yang dibutuhkan di sini: http://zeep.in/braviaengine Ekstrak ke sdcard Copy file be_photo dan be_movie ke /system/etc, dan set permission ke rw-r–r– Tambahkan line berikut ke build.prop: #BRAVIA_HACK

ro.service.swiqi.supported=true

persist.service.swiqi.enable=1

Berdoa dulu, kemudian reboot Setelah reboot, jika proses berhasil, kualitas gambar di layar G5 akan semakin bertambah.*Berhasil atau tidaknya mungkin akan tergantung G5nya dan amal ibadah usernya….. just kidding :D * (sedikit tambahan dari saya, untuk menambah performa dalam memproses gambar -meski ga tau pengaruh apa ga :p-, teman2 bisa mengganti line product manufacturer di build.prop dari “samsung” menjadi “SonyEricsson”)

Menambahkan xLoud Sound Enhancement ke dalam G5 ( for advanced user only )

XLoud adalah fitur pemrosesan audio yang ada di Xperia series, yang akan memberikan sensasi tersendiri. :pXLoud disini mirip dengan DSP Manager/Equalizer di CM7. ( CMIIW yah… )

Buat teman2 yang pengen “nekat” mencoba menambahkan xLoud engine ke dalam G5, saya sarankan untuk membackup semuanya terlebih dahulu, karena penggunaan xLoud ini “bisa” berakibat negatif di G5 teman2, seperti bootloop atau lepasnya partisi ext saat fix permission.

Ada kerugian lagi dengan dimasukkannya xLoud ke G5, yaitu G5 cuma bisa memakai app music player default/bawaan dan google Music yang ada di market (mungkin perlu dicoba third party app lain untuk memastikannya, karena di G5 saya powerAMP dan TTPOD tidak bisa dibuka), serta tidak berfungsinya DSP Manager dan app Equalizer.

Tetapi, xLoud sendiri sepertinya tidak butuh app EQ seperti DSP maupun Equalizer, karena xLoud akan mengatur settingan equalizer secara otomatis sesuai dengan genre music yang diputar.Saya coba mengetes dengan memutar beberapa genre seperti rock, pop, semi jazz, techno, yang masing-masing memberikan output berbeda di headset yang saya gunakan.Tingkat bass dan treble akan berubah-ubah sesuai lagunya. Saya bukan ahli di bidang audio, jadi saya cuma bisa menggambarkan apa yang saya alami.

Enough for the talk. Berikut ini langkah2nya:

Backup app+data buat jaga-jaga Download file berikut : http://zeep.in/xLoud dan ekstrak ke sdcard Backup file libaudioeffect_jni.so dan folder soundfx yang ada di /system/lib Taruh file-file yang ada sesuai dengan tempatnya di /system ( lihat folder ekstrakan untuk pastinya ) dan set permission ke rw-r–r– Tambahkan line berikut ke build.prop #Xloud_Engine

ro.semc.sound_effects_enabled=true

ro.semc.xloud.supported=true

persist.service.xloud.enable=1

( Langkah ini harusnya dilakukan, tetapi tidak berhasil di G5 saya, dan mengakibatkan lepasnya partisi ext, jadi teman2 boleh mencobanya atau tidak, terserah ) Reboot recovery dan fix permission Reboot system

Sekali lagi berhasil atau tidaknya mungkin akan tergantung G5nya dan amal ibadah usernya….. Hehehe

Thanks To : nobunaga

Artikel Terkait

0 comments:

Post a Comment